Mereka Sebut Itu Oto - read me
Headlines News :
Home » » Mereka Sebut Itu Oto

Mereka Sebut Itu Oto

Written By Bayu Samudra on Sabtu, 28 April 2012 | 12.57


Di Sulawesi Tengah untuk menempuh perjalanan dari daerah satu ke daerah lainnya yang notabene jaraknya berjauhan masyarakat membutuhkan angkutan yang cepat dan mampu memuat banyak muatan, maka angkutan yang paling cocok adalah oto, sebutan masyarakat Sulawesi Tengah untuk mobil.
Mobil yang menjadi mode transportasi umum di Sulawesi Tengah pun bervariasi dan memiliki kekhasan antara daerah satu dengan yang lain. Biasanya untuk angkutan antar daerah yang tidak terlalu jauh akan menggunakan minibus yang mampu memuat 7 sampai dengan 8 orang. Seperti dari Palu ke Poso atau dari Tentena ke Poso. Nah, jika jarak jauh biasanya digunakan bus atau minibus seperti angkutan dari Palu ke Ampana.
Uniknya mobil yang dipilih pun berbeda. Jika dari Palu menuju daerah Kulawi, Sidaunta dan daerah Lindu banyak digunakan mobil seperti Toyota Kijang atau Isuzu Panther sebagai angkutan kota. Alasannya adalah tenaga besar dan mampu memuat banyak muatan.
Lain hal dengan angkutan di daerah Tentena, Poso dan sekitarnya yang mayoritas menggunakan Toyota Avanza. Mobil ini dipilih karena gesit dan mampu bermanuver di jalanan yang meliuk-liuk menembus Pegunungan Lore.
Sedangkan jika travel jarak jauh seperti Palu–Ampana maka mobil yang biasa berwira-wiri adalah Mitsubishi L300 seperti mobil travel pada umumnya. Karena mobil travel membutuhkan mobil yang mampu memuat banyak orang atau barang dan irit bahan bakar namun tetap tangguh di jalanan.
Jangan dibayangkan jalan Sulawesi Tengah itu mulus seperti di Jawa karena nyatanya berbeda 180 derajat.Jalan di Sulawesi Tengah banyak yang rusak dan seperti tidak diperbaiki, medannya pun bergunung-gunung sehingga mobil pun dipaksa mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Itulah mengapa mungkin mobil-mobil yang dipilih tadi memang cocok untuk medan disana dan sudah battle proven menembus jalanan Sulawesi Tengah.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. read me - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger