Gairah Seks Menurun, Bisa Karena Mau Datang Bulan - read me
Headlines News :
Home » » Gairah Seks Menurun, Bisa Karena Mau Datang Bulan

Gairah Seks Menurun, Bisa Karena Mau Datang Bulan

Written By Bayu Samudra on Sabtu, 28 April 2012 | 15.49


Saat menjelang menstruasi sebagian besar perempuan akan mengalami pre menstrual tension yang bisa membuatnya merasa stres, depresi, tegang dan bahkan mempengaruhi gairah seksnya.

Pre menstrual tension atau sering disebut pre menstrual syndrome (PMS) normalnya hanya terjadi dalam waktu 2 minggu sebelum menstruasi dimulai dan gejala paling buruk akan muncul beberapa hari sebelum haid.

Sekitar 1 dari 20 perempuan mengaku kondisi ini memicu terjadinya perubahan suasana hati, sakit kepala, nafsu makan yang meningkat, serta payudara yang terasa membesar, bengkak atau sakit.

Gairah seks yang dimiliki perempuan secara alami akan berfluktuasi dari waktu ke waktu. Hal ini bisa disebabkan oleh kehamilan, penyakit atau mengonsumsi obat tertentu.

Tapi jika bukan disebabkan oleh hal tersebut, bisa jadi menurunnya gairah seks disebabkan oleh pre menstrual tension, seperti dikutip dari The Sun, Jumat (27/4/2012).

Kondisi yang disebabkan oleh rendahnya kadar estrogen di dalam tubuh ini tidak hanya membuat gairah seks menurun, tapi juga membuat hubungan seks menjadi tidak nyaman atau menyakitkan.

Gangguan dalam hubungan seks ini karena ketidakseimbangan hormon yang membuat vagina menjadi lebih kering, atrofi vagina (hilangnya ketegangan otot) serta menurunnya sensitivitas dari klitoris.

Kondisi-kondisi ini tentu saja membuat hubungan seks yang dilakukan menjadi tidak nyaman dan bahkan menyakitkan bagi perempuan.

 Hal ini bisa diperburuk jika perempuan mengalami kelelahan serta perubahan suasana hati yang biasanya menyertai pre menstrual syndrome.

Hormon yang berfluktuasi saat pre menstrual syndrome ini adalah estrogen dan progesteron. Umumnya estrogen meningkat selama sekitar 2 minggu lalu kemudian mulai turun sedangkan progesteron mulai meningkat.

Kondisi ini akan naik turun terus setiap bulan dan pada beberapa perempuan fluktuasi ini terjadi lebih drastis sehingga menimbulkan gejala yang lebih berat termasuk hingga penurunan gairah seks.

Selain itu fluktuasi hormon ini juga membuat payudara terasa tidak nyaman atau terasa sakit sekitar 2 minggu menjelang menstruasi. Kondisi ini biasanya dapat dikurangi dengan mengurangi asupan garam, lemak serta meningkatkan karbohidrat.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. read me - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger