Gambling Bersama Vilanova - read me
Headlines News :
Home » » Gambling Bersama Vilanova

Gambling Bersama Vilanova

Written By Bayu Samudra on Sabtu, 28 April 2012 | 12.03



Tito Vilanova. Foto: foro.pesfanworld.com
BARCELONA - Barcelona segera menunjuk Tito Vilanova sebagai pelatih musim depan seiring kepergian Josep Guardiola. Keputusan yang mengejutkan mengingat nama asisten Guardiola itu tidak termasuk favorit di mata fans Barca - sebutan Barcelona.

Dari polling yang dilakukan beberapa media Spanyol, pelatih yang paling banyak meraih suara sebagai pengganti Guardiola adalah Marcelo Bielsa. Pelatih Athletic Bilbao itu merupakan guru Guardiola. Lantas, kenapa memilih Vilanova ?

Direktur Olahraga Barca Andoni Zubizarreta adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam penunjukan Vilanova. Zubi - sapaan akrab Zubizarreta - menyebut kontinuitas atau keseimbangan tim adalah alasan utama.

Dengan memberi kepercayaan kepada Vilanova, Barca tidak hanya berharap transisi permainan tiki-taka yang diperagakan Carles Puyol cs empat tahun terakhir berjalan mulus. Barca juga berharap kebijakan memunculkan bintang dari tim cadangan (Barcelona B) terus terjaga.

Di musim ini misalnya. Isaac Cuenca dan Cristian Tello berhasil menggusur seniornya seperti Pedro Rodriguez serta mengisi kekosong seiring cederanya David Villa. "Tito merepresentasikan filosofi klub. Kami selalu mengatakan apabila tim membutuhkan pemain, kami akan mencarinya lebih dulu dari dalam diri kami sendiri," kata Zubizarreta sebagaimana dilansir di situs resmi klub. "Kini, ketika kami membutuhkan pelatih, apa yang kami punya ? Tito," tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Guardiola mendukung keputusan Barca memilih Vilanova sebagai suksesornya. "Saya kira klub telah mengambil keputusan yang terbaik yang bisa diambil. Dia lebih dari layak dan dia akan membuat beberapa perubahan yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh saya," tuturnya.

Penunjukan Vilanova memang mengingatkan penunjukan Guardiola empat tahun lalu. Tapi, seperti yang dikatakan bintang penyerang Barca Lionel Messi, sulit menemukan pelatih lain yang bisa melakukan apa yang dilakukan Guardiola.

Vilanova memang disebut sebagai otak sesungguhnya Barca. Bahkan, sebagian pihak menganggap sukses Guardiola empat tahun terakhir karena peran mantan direktur teknik Figueres dan Terassa sebelum bergabung dengan Barca pada 2007 itu. Kini, seiring Vilanova mengisi posisi pelatih, mencari tangan kanan atau pembisik yang hebat di bench bisa lebih sulit.

Tidak hanya itu. Dalam sejarah sepak bola, jarang sekali asisten pelatih bisa meraih sukses. Carlos Queiroz misalnya. Sukses mendampingi Sir Alex Ferguson bersama Manchester United, Queiroz gagal total ketika mendapat kesempatan menangani Real Madrid dan timnas Portugal.

Joachim Loew, pelatih timnas Jerman saat ini, juga berangkat sebagai asisten Juergen Klinsmann kala Der Panzer - sebutan timnas Jerman - finis ketiga di Piala Dunia 2006. Namun, dengan Der Panzer juga meraih posisi yang sama di Piala Dunia 2010, Loew tetap belum lebih sukses dari Klinsmann.

Pengalaman Carles Rexach di Nou Camp seharunya menjadi pengalaman. Rexach meraih sukses kala mendampangi Johan Cruyff dalam menciptakan The Dream Team Barca awal dekade 1990-an. Tapi, ketika dipercaya menjadi pelatih musim 2001-2002, Barca tampil jeblok.

Kesehatan Vilanova juga bisa menjadi handicap. Dia pernah menjalani operasi pengangkatan tumor kelenjar parotis November tahun lalu dan baru benar-benar aktif kembali dua bulan kemudian. (dns)

Data Diri
Nama Lengkap     : Francesc Vilanova i Bayo
Kebangsaan        : Spanyol
Lahir            : Bellcaire d"Emporda, 17 September 1969 (age 42)

Karir Pemain        :
1984"1988     Akademi Barcelona
1988"1990     Barcelona B    
1990"1992     Figueres    
1992"1995     Celta Vigo
1995"1996     Badajoz    
1996"1997     Real Mallorca    
1997"1998     Lleida    
1998"2000     Elche    
2000"2002     Gramenet        
Karir Pelatih        :
2007"2008     Barcelona B (asisten)
2008"2012     Barcelona (asisten)
Juni 2012"     Barcelona
 
sumber : jpnn.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. read me - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger