Makan Selada Sebelum Olahraga Cegah Kerusakan Sel - read me
Headlines News :
Home » » Makan Selada Sebelum Olahraga Cegah Kerusakan Sel

Makan Selada Sebelum Olahraga Cegah Kerusakan Sel

Written By Bayu Samudra on Kamis, 26 April 2012 | 07.37

img
Olahraga punya banyak manfaat, namun ada juga risikonya yakni kerusakan sel-sel tubuh apabila terlalu melelahkan. Untungnya risiko ini bisa dicegah dengan cara yang sangat mudah, yakni dengan mengonsumsi selada sebelum berolahraga.

Risiko kerusakan sel bisa terjadi karena aktivitas fisik yang terlalu berat dapat meningkatkan pembentukan radikal bebas. Selain bisa memicu kanker, radikal bebas yang terdiri dari molekul oksigen berbahaya ini juga mempercepat proses penuaan.

Namun jangan khawatir, risiko ini diyakini sangat kecil dan hanya mungkin terjadi pada olahraga ekstrem yang sangat berat dan melelahkan. Apalagi, penelitian di Edinburgh Napier University membuktikan bahwa ada cara mudah untuk mencegah kerusakan tersebut.

Selada, khususnya selada air atau watercress diketahui memiliki kandungan antioksidan yang bisa menangkal efek radikal bebas. Jika dikonsumsi sebelum berolahraga berat, maka risiko kerusakan sel akibat radikal bebas bisa ditangkal oleh antioksidan.

Manfaat itu dibuktikan saat sang peneliti, Mark Fogarty melakukan eksperimen pada 10 partisipan orang dewasa. Para partisipan diminta mengonsumsi selada air setiap hari selama 8 pekan, lalu diminta untuk berolahraga dengan treadmill yang tingkat kesulitannya telah disesuaikan.

Dibandingkan saat tidak mengonsumsi selada air, partisipan dalam eksperimen ini menunjukkan lebih sedikit perubahan pada struktur Deoxyribo Nucleic Acid (DNA). Perubahan yang sedikit itu menunjukkan bahwa kerusakan sel akibat olahraga juga lebih rendah.

"Kami menyimpulkan bahwa konsumsi selada air meski hanya sedikit bisa meningkatkan kadar antioksidan untuk menjaga tubuh kita," kata Dr Mark Fogarty yang mempublikasikan penelitian itu dalam British Journal of Nutrition, seperti dikutip dari Dailymail,
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. read me - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger