Menjajal Bawah Laut Togean - read me
Headlines News :
Home » » Menjajal Bawah Laut Togean

Menjajal Bawah Laut Togean

Written By Bayu Samudra on Sabtu, 28 April 2012 | 13.11


Kepulauan Togean menawarkan pengalaman yang unik bagi para penyelam untuk mengeksplor keanekaragaman terumbu karang dan kehidupan laut Indonesia. Merupakan habitat dari 262 jenis terumbu karang juga 596 jenis ikan, togean terletak di hamparan Coral Reef Triangle, yang membentang mulai dari sebelah utara Australia, Papua New Guinea , Indonesia bagian tengah dan timur, sampai ke Filipina.
Dengan susunan formasi terumbu karangnya yang bervariasi, karang-karang atol terisolasi dengan dinding tipis yang dalam, juga ikan beranekaragam yg berwarna-warni . Bahkan jika beruntung bisa juga bertemu dengan kura-kura di sini.
Pagi itu saya dan Sangaji berkesempatan untuk menjajal keindahan bawah laut Pulau Kadidiri. Kami ditemani oleh seorang dive master, Andry, yang juga anak dari pemilik Kadidiri Paradise Resort dan Mr.Gonzaque, seorang intstruktur selam asal Swiss yang telah 14 tahun tinggal di Togean. Terdapat 9 dive site di Pulau Kadidiri, tiap site dive memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing tentunya. Seperti di spot diving paling terkenal di togean, B-24 bomber plane wreck yang terdapat sisa-sisa pesawat jatuh zaman perang dunia kedua. Dan juga Dominic Rock spot yang kami tuju untuk diving.
Dive spot di dominic rock dengan ke dalaman sekitar 50 m merupakan tembok karang yang sangat besar dengan air yang sangat jernih. Kami melihat bermacam koral jenis gorgonian dengan warna-warnanya yang mencolok. Terdapat pula banyak anemon-anemon laut lengkap dengan clown fishnya. Berbagai jenis ikan seperti jack fish, grouper, lion fish, barracuda, bahkan moray ells juga terlihat d isini.
Menurut para divers yang sudah terlebih dahulu menjajal dunia bawah laut Togean, diving di Togean lebih bagus dari Wakatobi dan Bunaken. Menurut mereka lagi, keanekaragamannya juga warna-warni koral dan ikannya lebih memanjakan mata dan bikin ketagihan. Sehingga, banyak divers lokal atau pun mancanegara yang memasukkan Togean ke dalam list yang wajib untuk dikunjungi.
Info penting:
  • Pulau Kadidiri hanya memiliki 2 Dive Centre, 1 kali dive dikenai biaya sebesar Rp 350.000 atau Rp 1.300.000 untuk paket 4 kali dive.
  • Rata-rata suhu air laut di pagi dan siang hari sekitar 25 sampai 30 derajat celcius, bisa dibilang cukup panas hingga beberapa divers memilih untuk tidak memakai wetsuit.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. read me - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger